EKSEKUSI !

Mimpi-mimpi dalam kertasmu hari ini adalah takdirmu di masa depan :)

Minggu, 24 Maret 2013

Pendidikan Membutuhkan Anda

Pendidikan adalah suatu sistem, maka untuk memajukannya dibutuhkan suatu rantai sistem yang baik.
Tidak harus semua orang menjadi guru, untuk memajukan pendidikan di negeri ini. Anda bisa tetap menjadi diri Anda dengan pekerjaan dan peran Anda yang sekarang, siapapun Anda.

 
Dinas Pendidikan hanya satu pilar dari sekian banyak pilar yang menghasilkan menyangga keberlangsungan pendidikan di negeri ini. Lembaga-lembaga yang mengatur urusan sosial, ekonomi bahkan pembangunan infrastruktur negara pun
harus ikut menegakkan pilar mereka untuk menyokong terbentuknya produk pendidikan yang kita impikan, pendidikan yang berkualitas yang bisa diakses semua kalangan.

Peran serta lembaga-lembaga tersebut mungkin terlihat tidak berhubungan dengan pendidikan. Memang, tidak berhubungan langsung, tapi aspek yang mereka bawahi turut menentukan apakah seseorang bisa mendapatkan pendidikan atau tidak. 

Faktor lingkungan, faktor ekonomi dan faktor infrastruktur adalah tiga faktor yang paling mempengaruhi dunia pendidikan. Bagaimana seseorang mau bersekolah kalau lingkungan keluarganya beranggapan bahwa perempuan tidak harus berpendidikan tinggi? Bagaimana seseorang mau bersekolah kalau dia dihadapkan pada ketidakadaan dana? atau bagaimana seseorang mau bersekolah kalau letak sekolah terdekat jaraknya berkilo-kilo meter dan harus ditempuh tanpa akses jalan yang memadai?



Kita, saya dan -Anda yang berada di dalam lembaga-lembaga pemerintahan tersebut atau Anda yang berperan dalam lembaga itu di masyarakat-  dibutuhkan kerjasamanya dalam hal ini.
Anda dengan peran Anda yang sekarang, apapun pekerjaan Anda sebagai seorang ekonom, pedagang, pekerja jalan, psikolog bahkan tukang material bisa turut serta dalam usaha memajukan pendidikan. Hal ini tergantung seberapa peka besar Anda mau berperan. Apakah Anda hanya ingin berperan sebagai penonton? atau menyumbangkan tenaga sebagai aktor perubahan?
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar